Sabtu, 19 April 2008

Saifullah Yusuf Bidik Pemilih Pemula di Madura


Bangkalan (GP-Ansor):

Pemilih pemula menjadi incaran calon yang bakal maju dalam pilgub Jatim. Tidak terkecuali pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa). Pasangan cagub-cawagub yang diberangkatkan Koalisi Partai Demokrat dan PAN ini membidik pemilih pemula di wilayah Madura.

Keinginan ini disampaikan Syaifullah Yusuf saat silaturahmi dengan unsur pemuda dan masyarakat di warung nasi bebek di Ketengan, Kelurahan, Tunjung, Burneh, Bangkalan, kemarin. Hadir dari Gerakan Pemuda Ansor, KNPI, dan sejumlah LSM di Bangkalan.

Berdasarkan data kuantitatif, kata mantan Menteri Penanganan Daerah Tertinggal (PDT) ini, jumlah pemilih pemula di Jatim cukup besar. Jika digarap maksimal akan menambah perolehan suara cukup signifikan. “Kami melihat pemilih pemula merupakan masa mengambang. Sehingga butuh keseriusan untuk menggarapnya,” ujar Gus Ipul-sapaan akrabnya.

Untuk zona Madura, dia optimistis mampu mendulang dukungan kalangan muda. Alasannya, selain calon muda, dia mengaku sangat dekat dengan beberapa unsur kepemudaan yang ada di Madura.

Dari Bangkalan, Ipul bergerak ke Pamekasan. Untuk kali kedua dalam dua pekan ini kembali ke Pamekasan. Pekan lalu Ipul sowan ke sejumlah pengasuh pondok pesantren di Pamekasan.

Ipul mengaku kedatangannya ke Pamekasan sebenarnya untuk menghadiri undangan haul. Namun, untuk efektifitas kunjungannya ke bumi Gerbang Salam inidia sowan ke sejumlah pengasuh pondok pesantren.

Dikatakan, suara kiai dan warga Madura cukup penting di Jawa Timur, utamanya kawasan pandalungan (eks karisidenan Probolinggo dan Besuki). “Jaringan dan kekerabatan Madura kan kuat. Tidak hanya saya kok kandidat pilgub yang sering datang ke Madura. Jadi, kunjungan ini wajar-wajar saja kalau dikaitkan dengan pilgub,” katanya tadi malam pukul 19.10.

“Saya siap rebut suara Madura. Tapi, jangan tanya targetnya. Ini ikhtiar yang harus saya lakukan,” katanya setelah bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan KH Kholilurrahman. (jp/wg)

Tidak ada komentar: